Sabtu, 03 Agustus 2013

Kehidupan Selain di Bumi?

How it is
Going on my friends??



Well kali ini bahasan kita  cukup menarik. Dan saya yakin banyak yang mempunyai pendapat dan opini bebeda. Dan jujur saya sangat tertarik untuk menjadi Antariksawan, karena saya begitu kagum dengan Mistis dan Indahnya jagad raya ini., tapi disini kita tidak membahasnya secara mendetail. Kita bahas versi awamnya saja. So baca dengan kepala dingin ya...

Asal mula saya membuat postingan ini saat saya sedang membaca sebuah forum debat, dan sedang topik yang diperdebatkann adalah "Apakah Bumi satu-satunya planet yang memiliki kehidupan?" Nah dari situ muncul spekulasi-spekulasi gila dari otak saya, dan sampai saat ini belum saya temukan jawabannya.

Saat saya masih SD, yang saya tahu adalah Matahari merupakan planet terbesar. Selain itu tidak ada lagi. Dan rupanya saya salah besar,  banyak planet-planet lain yang lebih besar bahkan tergolong planet Titan.

Lihat gambar dibawah


Lihat gambar diatas bumi hanya merupakan titik kecil yang bahkan hampir tak terlihat.

Menurut peneleitian
 ----------------------------------------------------------------
Diameter Matahari adalah  1.392.000 Km
Diameter Bumi        adalah       12.756 Km
Maka perbandingan Matahari dan Bumi adalah  1 : 109,125 Km
-----------------------------------------------------------------
Dan apakah masih ada yang berfikir bahwa Matahari bintang terbesar di Alam semesta ini?
Coba bandingkan dengan Bintang terbesar Titannya semua bintang.

VY Canis Majoris


Lihat! siapa yang menjadi titik sekarang?

Coba bayangkan! 
Jika besar matahari bagaikan titik, bagaimana dengan bumi? Apakah kalian merasa besar?

Menurut penelitian
 ----------------------------------------------------------------
Diameter VY Canis Majoris adalah 1.975.000.000 Km
Diameter        Matahari        adalah        1.392.000 Km
Diameter          Bumi            adalah              12.756 Km
 ----------------------------------------------------------------
Yang berarti :
 ----------------------------------------------------------------
 perbandingan Matahari dan Bumi adalah                               1 : 109,125 Km                                             
 perbandingan Canis Majoris dan Matahari adalah                  1 : 1.418,9 Km                                             
 perbandingan Canis Majoris dan Bumi adalah                       1 : 154.829,100 Km                                          
Belum cukup besar? Lain kali kita akan membahasnya dipost lain.
Tapi kali ini yang saya ingin jelaskan adalah..

APAKAH KITA SENDIRIAN
DI ALAM SEMESTA INI???

Jika kita lihat Alam Semesta yang telah terdeteksi ( Observable ) oleh manusia adalah 13.7 Biliun dan terus melebar hingga saat kini mencapai 46 Biliun.



Saya berfikir dari berjuta-juta atau bahkan bermilyar-milyar planet-planet ciptaan tuhan, apakah hanya bumi saja yang punya kehidupan?

Alam semesta lahir dari berbagai macam teori.
Dan yang paling terkenal adalah Big Bang, bagaimana kehidupan bisa ada dibumi? Dahulu setelah kejadian Big Bang Bumi merupakan bagian gumpalan yang terlepas dari matahari, bumi planet  yang sangat panas dan setelah berjuta-juta tahun lamanya mendingin dan baru ada kehidupan didalamnya.

Saya ingin tekankan
butuh berjuta-juta tahun lamanya agar tercipta kehidupan dibumi.
Bagaimana dengan planet lain?
Apakah kita yang hanya berusia rata-rata 100 Tahun dapat berasumsi bahwa planet kitalah satu-satunya yang mempunyai kehidupan?

Menurut saya ada banyak kemungkinan bahwa ada kehidupan lain di luar sana.
Pertama :

BELUM TERCIPTNYA KEHIDUPAN DI SUATU PLANET

Kalian ingat? Butuh waktu berjuta-juta tahun bagi Bumi untuk ada kehidupan?
Dan menurut teori manusia. Planet yang bisa ditinggali kehidupan adalah yang mempunyai oksigen dan air.
Bagaimana jika, Kehidupan ini dititikberatkan ke Manusia? Manusialah yang butuh oksigen dan air. Mungkin sementara banyak partikel di Alam Semesta ini yang belum kita ketahui yang bisa membuat kehidupan yang berbeda?

Kenapa Oksigen dan Air? karena kita ini Manusia, Sebagai manusia maka kita pasti berfikir, untuk hidup maka yang kita butuhkan adalah Oksigen dan Air. Bagaimana jika diuar sana ada partikel/zat-zat lain yang bisa membuat kehidupan. Jangan selalu ambil satu persepsi.

Bahkan akhir-akhir ini NASA menemukan planet yang mirip bumi dan berpotensi mempunyai kehidupan.


Kepler 22b

Bagaimana jika Kepler itu seperti Bumi? dia sedang dalam masa pendinginan, dan pembentukan atmosphere? Siapa yang tahu seratus atau dua ratus juta tahun lagi Kepler mempunyai kehidupan sendiri?

Mungkin setiap planet punya masa hidupnya sendiri, seperti Bumi, siapa sangka kita bisa hidup di planet yang asalnya lautan es dan bebatuan saja? hanya tinggal tunggu waktu dan mungkin bukan waktu yang sebentar.

Dan teori saya yang kedua adalah :

ADA KEHIDUPAN TETAPI DI ALAM SEMESTA LAIN

Bagaimana kita bisa tahu kalau kita sendirian di Alam Semesta?
Sementara yang kita baru jelajahi baru 46 Biliunya?

Seakan kita berasumsi bahwa
Jakarta adalah  kota termodern setelah kita berkeliling Indonesia.
Sementara banyak kota lain seperti Singapura, Hong Kong, Tokyo yang belum kita kelilingi.

Bagaimana kalo Alam Semesta ini tak terhingga?
Bahkan sempat ada teori mengenai Mulltiverse!
Coba bayangkan jika misalnya teori itu benar??


Jika ini adalah Alam Semesta (Universe) kita contohkan seperti sebuah bola.

Universe

Jika ada Alam Semesta lain maka terciptalah Multiverse yang merupakan gabungan dari Universe.

Multiverse

Dan terus dari Multiverse > Metaverse > Xenoverse > Hyperverse > Omniverse *Tertinggi tapi tak terakhir

Omniverse


Dari sekian banyak Alam Semesta ciptaan tuhan, apakah tidak ada kehidupan lain selain di Bumi?
Dan kita tahu bahwa usia bumi tidak akan  begitu panjang lagi. Apakah tuhan menciptakan kehidupan hanya untuk Bumi saja?

"Kehancuran besar bagi umat manusia hanya merupakan kehilangan kecil yang tidak berarti bagi tuhan"-faris.k


Dan yang terakhir saya ingin tekankan bahwa. Menurut saya, Kita bukanlah satu-satunya makhluk hidup di Alam Semesta ini. Banyak kehidupan di tempat lain, hanya saja kita belum mengetahuinya.
Itulah indahnya Alam Semesta.


Jika ada yang bertanya apakah kita satunya makhluk hidup di Alam Semesta?
Saya jawab dengan tegas..
TIDAK!



Mungkin begitulah post saya kali ini, dan ingat!
Ini hanya merupakan Opini saya sebagai orang awam.
Tolong jika ada pendapat lain, silahkan beritahu saya lewat kolom komentar. Saya sangat menghargainya.
Sampai berjumpa di post selanjutnya.
Have a nice day!




Copas boleh saja..
Asal sudah izin dan menyertakan sumber..

1 komentar: